Nama: Widya Anggaraeni
Kelas: XI ipa
Mata pelajaran: Agama Islam
Tentang
Kegiatan-kegiatan siswa
semester 2
Bab 7
Al-Qur’an Surah Ar-Rum, 30:
41-42, Surah Al-A’raf, 7:56-58, dan Surah Sad, 38: 27
Kegiatan siswa Hal. 96
Surah Ar-Rum, 30: 41-42
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut
dengan isian yang benar!
No
|
Bacaan
|
Hukum Bacaan
|
Cara Membaca
|
Alasan
|
1.
|
|
Idgam mutamsilain
|
Fiilardi
|
Karena fathah
mengahadapi Alif mati.
|
2.
|
سَادُ فِيالْبَرِّ
|
Tarqiq
|
Dinnas
|
Nun ber-syaddah.
|
3.
|
|
Izhar syafawi
|
Yarji’un
|
Karena adanya huruf mati dan berhenti dalam bacaan.
|
4.
|
|
Ikhfa’
|
fandzuru
|
Nun mati menghadapi huruf Qaf.
|
5.
|
|
Mad tabi’i
|
Kaa’na
|
|
Kegitan siswa Hal 101.
Surah Al-A’raf, 7:56-58
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut
dengan isian yang benar!
No
|
Tulisan arab
|
Tulisan latin
|
terjemahan
|
1.
|
Busyraan
|
Berita gembira.
|
|
2.
|
Wad’uhu khaufan
|
Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut.
|
|
3.
|
‘innarahmattullah
|
Sesungguhnya rahmat Allah.
|
|
4.
|
filardii
|
Dimuka bumi.
|
|
5.
|
hatta
|
Sehingga Apanila angin itu telah
membawa
|
|
6.
|
Libaladimmayyitin
|
Ke suatu daerah tandus.
|
|
7.
|
Fa’kharajnaa
|
Kami keluarkan dengan sebab hujan itu.
|
|
8.
|
Syamaaraati
|
Buah-buahan.
|
|
9.
|
Kulli
|
setiap
|
|
10.
|
La’alakum
|
Mengambil pelajaran.
|
Kegiatan siswa Hal. 103
1.
Coba jelaskan tentang pengertian doa dan tata
krama kerika berdoa!
Jawab:
1.
Doa adalah salah satu cara yang digunakan
untuk memohon ampunan, pertolongan, jalan untuk mendekati hati dengan Allah
SWT.
Berdoa juga kepada Allah juga agar Allah SWT menurunksn
rahmat-Nya.
2.
Tata krama berdoa agar terkabul:
1)
Hendaknya doa disertai dengan rasa takut tidak
akan diterima oleh Allah.
2)
Berharap doa akan dikabulkan.
3)
Suara yang lemah lembut.
Kegiatan siswa Hal.104
Surah Sad, 38: 27
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut
dengan isian yang benar!
No.
|
Bacaan
|
Hukum bacaan
|
Cara membaca
|
Alasan
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
Mad
tabi’i
|
|
Fathah
menghadapi Alif mati.
|
3.
|
|
Gunnah
|
Zannu
|
Nun
ber-syaddah
|
4.
|
|
|
Fawailul
lilazina.
|
Tanwin
dammah menghadapi huruf Lam
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
Kegitan siswa Hal.106
1. Coba kamu
kemukakan beberapa sikap perilaku dari golongan muttaqin, mufsidin, dan fasiqin!
Jawab:
·
Golongan
muttaqin adalah golongan yang berbuat kebaikan-kebaikan.
Contoh: beriman kepada Allah
Swt.
·
Golongan
mufsidin adalah golongan orang yang dimurkai Allah SWT.
Contoh: tidak melaksanakan
perintah Allah SWT
·
Golongan
fasidin adalah sifat yang di murkai Allah SWT.
Contoh: tidak melaksanakan
perintah Allah SWT
Bab 8
Iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
Kegiatan siswa Hal.114
Apakah dalam hatimu masih ada
keraguan, meski sedikit saja pada Al-Qur’an? Jika iya,diskusikan hal-hal yang
masih kamu ragukan dengan teman-temanmu. Mintalah bimbingan gurumu, jika kamu
dan teman-temanmu tidak menemukan jawaban dari keraguanmu.
Jika kamu sudah sepunahnya
yakin pada kebenaran Al-Qur’an, coba kemukakan bukti-bukti kebenaran
Al-Qur’an dan didiskusikan dengan teman-temanmu. Carilah referensi untuk
diskusimu, kamu bisa mencarinya diinternet, majalah, buku-buku yang relavan
atau surat kabar.
Jawab:
Tidak. Karena dalam al-Qur’an
memberi kita petunjuk dan dalam Al-Qur’an terdapat suatu penyelesaian segala permasalahan.
Didalam Al-Qur’an juga terdapat ayat-ayat yang mengenai ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Al-Qur’an juga akan menjadi
obat mujarab bagi penyakit mental dan kejiwaan umat manusia. Al-Qur’an juga
menjelaskan kemukjizatan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.
Kegiatan siswa Hal. 117
Diskusikan dengan teman-temanmu tentang usaha-usaha yang
harus dilakukan agar umat Islam Indonesia:
·
Bersikap
dan berperilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
·
Mampu
meraih hikmah-hikmah beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT.
Jawab:
·
Bersikap dan
beperilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
§
Mengakui
dan menghormati kedudukan kitab-kitab Allah SWTsebelum Al-Qur’an, yang
dijadikan pedoman hidup oleh umat-umat pada periode sebelumnya turun Al-Qur’an.
§
Meyakini dan mengakui bahwa kitab suci
Al-Qur’an merupakan kitab yang paling utama dan paling akhir diturunkan.
§
Meyakini dan mengakui bhawa Al-Qur’an itu
merupakan pedoman hidup, bukan hanya untuk bangsa arab, tetapi untuk seluruh
umat manusia sampai akhir zaman.
§
Menjalani hidup hanya untuk beribadah
(menyembah) Allah Sebagaimana Al-Qur’an menegaskan bahwa tujuan diciptakannya
manusia hanya untuk beribadah.
·
Mampu meraih
hikmah-hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah SWt.
h
Setiap orang yang beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT akan mendapatkan pahala dari-Nya. Hal ini disebabkan karena beriman
kepada kitab-kitab Allah hukumnya wajib. Sedangkan wajib menurut hukum islami
ialah apabila dikerjakan mandapat pahala dan avabila ditinggalkan dianggap
berdosa.
h
Orang-orang yang beriman kepada
kitab-kitabAllah yang akan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan
membuktikaan keimanannya dengan selalu beramal saleh, sehinggah ia pun mendapat
banyak kebaikan didunia dan Akhirat.
h
Terdorong untuk meningkatkan diri karena
Al-Qur’an mendorong umat manusia untuk mempelajari ilmi pengetahuan dan
teknologiserta meningkatnya kearah yang lebih maju.
h
Memperkuat keyakinan kepada kebenaran
kerasulan Nabi Muhammad SAW.
Bab 9
Berperilaku
terpuji
Kegiatan siswa Hal. 124
·
Apakah
kamu menginginkan kebutuhan hidupmu yang primer, sekunder, dan tersier
terpenuhi?
·
Begaimana
usaha-usahamu yang meraihnya dengan cara halal!
Jawab:
&
Kebutuhan
primer adalah kebutuhan pertama
&
Kebutuhan
sekunder adalah kebutuhan kedua
&
Kebutuhan
tersier adalah kebutuhan pelengkap
saya tidak juga ingin
kebutuhan hidup saya selalu terpenuhi secara primer,sekunder, dan tersier.
karena jika kebutuhan hidup saya selalu
terpenuhi secara primer, sekunder, dan tersier
akan ditakutkan saya itu sombong, lupa akan bertawakkal oleh Allah SWT
dan akan lupa diri kepada Allah SWT.
Saya akan memelih hidup sederhana yang bisa
membahagiakan keluarga saya sendiri dengan tidak selalu terpenuhi Allah SWT.
Jika kebutuhan kita kurang berarti Allah SWT sedang menguji kesabaran kita dan
keimanan kita.
Kegiatan siswa Hal.126
Coba kamu diskusikan dengan
teman-temanmu keburukan-keburukan dari pujian yang mengandung unsur dusta dan
dengan maksud untuk mencari muka, baik yang memuji maupun bagi yang hasil
karyanya dipuji!
Jawab:
Mendapatkan kerugian baik
didunia maupun diakhirat karena orang yang suka memuji tetapi berdusta tidak
sesuai dengan apa yang ada dihatinya itu akan berdosa karena berbohong kepada
Allah SWT tidak suka dengan orang yang suka kedustaan.
Kegiatan siswa Hal.127
Coba kamu kemukakan contoh-contoh
lain menghormati karya orang melalui tulisan?
Jawab:
Seorang siswa/siswi SMA yang mendapat juara 1 dalam OSN, mendapat penghargaan
dan diberi uang jaminan juaranya.
Kegiatan siswa Hal.129
Coba kamu kemukakan dengan
teman-temanmu tentang manfaat-manfaat penerapan kebiasaan menghargai karya
orang lain di:
·
Lingkungan
keluarga
·
Lingkungan
sekolah
·
Lingkungan
masyarakat
Jawab:
Lingkungan
keluarga
&
Kita dapat
menghargai suatu pemberian ayah dan ibu
&
Adiknya memdapat
peringkat tertinggi makanya kakaknya memberi hadia sebagai menghargai bahwa
adiknya mendapat peringkat.
Lingkungan
sekolah
&
Jika ada
seseorang yang mambuat karya seni seperti melukis kita harus menghargainya
bukan menghina lukisan itu.
&
Jika siswa
tidak pernah melanggar aturan sekolah dan termasuk siswa/siswi teladan dan
harus diberi penghargaan karena dapat mempertahankan dalam 1 semester tidak
melanggar aturan sama sekali.
Lingkungan
masyarakat
&
Jika seseorang sudah berbaik untuk memperbaiki
jembatan yang selalu di lewati orang-orang harus diharagai karena dapat
membantu orang yang lewat disana dan patut mendapat penghargaan dari desa.
&
Bab 10
Berperilaku tercela
Kegiatan siswa hal. 135
Coba diskusikan:
Apakah menurut ajaran Islam
seorang ayah bisa mewariskan dosanya keada anak-anaknya? Atau seseorang
melimpahkan dosanya kepada orang lain?
Kegatan siswa hal. 137
Coba lihat dan pelajari
karakteristik orang-orang munafik didalam Al-Qur’an pada ayat-ayat berikut:
·
Q.S.
Munafiqun, 63: 1
·
Q.S. Al-
Baqarah, 2: 9
·
Q.S. An-Nisa,
4: 142-143
·
Q.S.
At-Taubah, 9: 67
Kegiatan siswa hal. 138
Coba kamu dikusikan dengan
teman-temanmu apakah kedua orang tua daat melakukan perbuatan dosa besar kepada
anaknya? Kalau dapat, kemukakan contoh-contohnya!
Kegiatan siswa hal. 139
Coba kamu dikusikan dengan
teman-temanmu akibat buruk dari zina, homoseks dan lesbian bagi keluarga
pelakunya dan masyarakat.
Kegiatan siswa hal. 140
Coba diskusikan:
· Akibat buruk dari zina bagi pelakunya, keluarganya dan
masyarakatnya!
·
Akibat buruk
dari homoseks!
Kegiatan siswa hal. 140
Coba kamu dikusikan dengan
teman-temanmu tentang akibat buruk dari mengkonsumsi yang makanan dan minuman
diharamkan tersebut bagi kesehatan fisik dan mental orang yang menghormatinya!
Kegiatan siswa hal. 142
Coba diskusikan akibat-akibat
buruk dari mengkonsumsi khamar, bagi
Pelakunya, keluarga dan
masyarakat.
Kegiatan siswa hal. 143
Coba kamu diskusikan hikmah diharamkannya membunuh
orang lain, bagi si pembunuh dan keluarganya, juga bagi yang dibunuh
dan keluarganya!
Kegiatan siswa hal. 143
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari melakukan
penganiayaan terhadap orang lain baik bagi si penganiaya dan
keluarganya maupun bagi yang dianiaya dan keluarganya!
Kegiatan siswa hal. 144
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari pencurian baik
bagi pelaku dan keluarganya, maupun bagi hartanya dicuri dan keluarganya!
Kegiatan siswa hal.145
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari perampokan,
bagi pelakunya, orang yang dirampok dan masyarakat!
Kegiatan siswa hal. 146
Coba diskusikan dengan teman-temanmu tentang
alasan-alasan rasionalnya bahwa salat itu dapat mencegah perbuatan keji dan
mungkar!
Kegiatan siswa hal. 147
Coba diskusikan dengan teman-temanmu pengaruhnya
bagi seseorang yang berperilaku baik, jika ia berteman dan bersahabat dengan
orang yang gemar melakukan dosa besar, seperti pecandu narkotika dan
semacamnya!
Bab 11
Perawatan jenazah
Kegiatan siswa hal. 154
Allah SWT berfirman yang artinya, “dan berbekallah
kalian (untuk hidup sesudah mati), karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah
takwa.” Coba jelaskan!
1)
Pengertian takwa.
2)
Sikap perilaku orang yang bertakwa.
3)
Mengapa takwa bekal yang terbaik.
Kegiatan siswa hal. 164
Coba diskusikan!
Siswa diberi tugas untuk mempraktikkan perawatan
jenazah, khususnya cara memandikan, mengkafani dan melayatkan (menggunakan
boneka)
Bab 12
Khotbah, tablig, dan dakwah
Kegiatan siswa hal. 171
Diskusikan hal berikut:
¬
Contoh dakwah dalam kehidupan sehari-hari sesuai
dengan kemampuanmu!
Kegiatan siswa hal. 172
Coba kalian diskusikan, mana dari kedua pendapat
tersebut yang paling kuat!
Kegiatan siswa hal. 174
v
Cobakamu kemukakan “ dakwa bi al-hal” yang dapat
kamu lakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat!
v
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu tentang
cara-cara menyampaikan dakwah kepada:
1)
Orang-orang desa yang kemampuan berfikirnya masih
lemah.
2)
Kaum terpelajar yang kemampuan berfikirnya sidah
tinggi.
Kegiatan siswa
hal. 175
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu tentang
persamaan-persamaan antara khotbah jumat dan dakwah!
Kegiatan siswa hal.177
Latihan menyusun teks khotbah dan dakwah
Coba buatlah
dan susunlah teks khotbah dan dakwah! Kamu dapat membuatnya secara individual
maupun secara berkelompok, misalnya masing-masing kelompok 5 orang.
Kelompok siswa
(masing-masing kelompok 5 orang) ditugaskan untuk menyusun teks khotbah jumat.
Kelompok siswi
(masing-masing kelompok 5 orang)
ditugaskan untuk menyusun teks dakwah.
Teks khotbah
dan dakwah dari masing-masing kelompok, hendaknya diketik dengan rapi dan
diserahkan kepada bapak/ibu guru agamauntuk diberi penilaian.
Jika
memungkinkan waktunya cobalah praktikkan khotbah dan dakwah yang telah disusun
di depan kelas.
Bab 13
Perkembangan islam pada masa
modern
Kegiatan siswa hal.183
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu, mengapa
bangsa barat menjajah dunia islam, sebutkan negara-negara islam yang dijajah
oleh bangsa barat dan kemukakan pula akibat-akibat buruk dari penjajahan!
Kegiatan siswa hal. 184
Apakah usaha pembangunan yang dilakukan umat,
islam diindonesia bersama-sama dengan pemerintah telah berhasil mewujudkan
cita-cita yang luhur seperti tersebut? Coba diskusikan dengan teman-temanmu!
Kegiatan siswa hal. 184
Coba anda diskusikan:
·
Apakah sekarang ini masih ada orang-orang islam
yang berperilaku syirik? Sebutkan contohnya!
·
Apakah sekarang ini masih ada orang –orang islam
yang hanya mementingkan urusan akhirat dan meninggalkan dunia?
Kegiatan siswa hal.185
Coba cari dan pelajari apa yang disebut khurafat,
takhayul dan bid’ah!
Kegiatan siswa hal. 190
Coba kamu kemukakan arsitektur-arsitektur di
indonesia baik yang bersifat keagamaan (islam) maupun keduniaan yang dibangn
pada masa pembaharuan!
Kegiatan siswa hal. 191
Caba kemukakan para sastrawan dan sastrawi
indonesia yang karya-karyanya bernuansa islami!
Kegiatan siswa hal. 193
Kemukakan manfaat-manfaat kaligrafi baik bagi
urusan agama mauun duniawi!
Kegiatan siswa hal. 193
Kemukakan secara berkelompok tentang hikmah
mempelajari sejarah perkembangan islam pada abad modern!
Lucky Club casino site review & bonuses - Lucky Club Casino
BalasHapusLucky Club Casino, which is licensed by the Malta Gaming Authority, has been operating since 2016 with no Lucky Club Casino is one of several luckyclub.live casino sites in Malta