Senin, 22 Februari 2016

agama semster 2

Nama: Widya Anggaraeni
Kelas: XI ipa
Mata pelajaran: Agama Islam
Tentang
Kegiatan-kegiatan siswa semester 2

Bab 7
Al-Qur’an Surah Ar-Rum, 30: 41-42, Surah Al-A’raf, 7:56-58, dan Surah Sad, 38: 27
Kegiatan siswa Hal. 96
Surah Ar-Rum, 30: 41-42
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut dengan isian yang benar!
No
Bacaan
Hukum Bacaan
Cara Membaca
Alasan
1.

Idgam mutamsilain

Fiilardi
Karena fathah mengahadapi Alif mati.
2.
سَادُ فِيالْبَرِّ
Tarqiq
Dinnas
Nun ber-syaddah.
3.

Izhar syafawi

Yarji’un
Karena adanya huruf mati dan berhenti dalam bacaan.
4.

Ikhfa’
fandzuru
Nun mati menghadapi huruf Qaf.
5.

Mad tabi’i
Kaa’na


Kegitan siswa Hal 101.
Surah Al-A’raf, 7:56-58
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut dengan isian yang benar!
No
Tulisan arab
Tulisan latin
terjemahan
1.
Busyraan
Berita gembira.
2.
Wad’uhu khaufan
Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut.
3.
‘innarahmattullah
Sesungguhnya rahmat Allah.
4.
filardii
Dimuka bumi.
5.
hatta
Sehingga Apanila angin itu telah membawa 
6.
Libaladimmayyitin
Ke suatu daerah tandus.
7.
Fa’kharajnaa
Kami keluarkan dengan sebab hujan itu.
8.
Syamaaraati
Buah-buahan.
9.
Kulli
setiap
10.
La’alakum
Mengambil pelajaran.

Kegiatan siswa Hal. 103
1.  Coba jelaskan tentang pengertian doa dan tata krama kerika berdoa!
Jawab:
1.  Doa adalah salah satu cara yang digunakan untuk memohon ampunan, pertolongan, jalan untuk mendekati hati dengan Allah SWT.
Berdoa juga kepada Allah juga agar Allah SWT menurunksn rahmat-Nya.
2.  Tata krama berdoa agar terkabul:
1) Hendaknya doa disertai dengan rasa takut tidak akan diterima oleh Allah.
2) Berharap doa akan dikabulkan. 
3) Suara yang lemah lembut.
Kegiatan siswa Hal.104
Surah Sad, 38: 27
Isilah titik-titik pada kolom-kolom berikut dengan isian yang benar!
No.
Bacaan
Hukum bacaan
Cara membaca
Alasan
1.




2.

Mad tabi’i

Fathah menghadapi Alif mati.
3.

Gunnah
Zannu
Nun ber-syaddah
4.


Fawailul lilazina.
Tanwin dammah menghadapi huruf Lam
5.




6.






Kegitan siswa Hal.106
1.  Coba kamu kemukakan beberapa sikap perilaku dari golongan muttaqin, mufsidin, dan fasiqin!
Jawab:
·       Golongan muttaqin adalah golongan yang berbuat kebaikan-kebaikan.
Contoh: beriman kepada Allah Swt.
·       Golongan mufsidin adalah golongan orang yang dimurkai Allah SWT.
Contoh: tidak melaksanakan perintah Allah SWT
·       Golongan fasidin adalah sifat yang di murkai Allah SWT.
Contoh: tidak melaksanakan perintah Allah SWT






Bab 8
Iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Kegiatan siswa Hal.114
Apakah dalam hatimu masih ada keraguan, meski sedikit saja pada Al-Qur’an? Jika iya,diskusikan hal-hal yang masih kamu ragukan dengan teman-temanmu. Mintalah bimbingan gurumu, jika kamu dan teman-temanmu tidak menemukan jawaban dari keraguanmu.
        Jika kamu sudah sepunahnya  yakin pada kebenaran Al-Qur’an, coba kemukakan bukti-bukti kebenaran Al-Qur’an dan didiskusikan dengan teman-temanmu. Carilah referensi untuk diskusimu, kamu bisa mencarinya diinternet, majalah, buku-buku yang relavan atau surat kabar.
Jawab:
Tidak. Karena dalam al-Qur’an memberi kita petunjuk dan dalam Al-Qur’an terdapat suatu penyelesaian segala permasalahan. Didalam Al-Qur’an juga terdapat ayat-ayat yang mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Al-Qur’an juga akan menjadi obat mujarab bagi penyakit mental dan kejiwaan umat manusia. Al-Qur’an juga menjelaskan kemukjizatan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan siswa Hal. 117
        Diskusikan dengan teman-temanmu tentang usaha-usaha yang harus dilakukan agar umat Islam Indonesia:
·       Bersikap dan berperilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
·       Mampu meraih  hikmah-hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Jawab:
·       Bersikap dan beperilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
§   Mengakui dan menghormati kedudukan kitab-kitab Allah SWTsebelum Al-Qur’an, yang dijadikan pedoman hidup oleh umat-umat pada periode sebelumnya turun Al-Qur’an.
§  Meyakini dan mengakui bahwa kitab suci Al-Qur’an merupakan kitab yang paling utama dan paling akhir diturunkan.
§  Meyakini dan mengakui bhawa Al-Qur’an itu merupakan pedoman hidup, bukan hanya untuk bangsa arab, tetapi untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman.
§  Menjalani hidup hanya untuk beribadah (menyembah) Allah Sebagaimana Al-Qur’an menegaskan bahwa tujuan diciptakannya manusia hanya untuk beribadah.
·       Mampu meraih hikmah-hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah SWt.
h Setiap orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT akan mendapatkan pahala dari-Nya. Hal ini disebabkan karena beriman kepada kitab-kitab Allah hukumnya wajib. Sedangkan wajib menurut hukum islami ialah apabila dikerjakan mandapat pahala dan avabila ditinggalkan dianggap berdosa.
h Orang-orang yang beriman kepada kitab-kitabAllah yang akan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan membuktikaan keimanannya dengan selalu beramal saleh, sehinggah ia pun mendapat banyak kebaikan didunia dan Akhirat.
h Terdorong untuk meningkatkan diri karena Al-Qur’an mendorong umat manusia untuk mempelajari ilmi pengetahuan dan teknologiserta meningkatnya kearah yang lebih maju.
h Memperkuat keyakinan kepada kebenaran kerasulan  Nabi Muhammad SAW.


Bab 9
Berperilaku terpuji
Kegiatan siswa Hal. 124
·       Apakah kamu menginginkan kebutuhan hidupmu yang primer, sekunder, dan tersier terpenuhi?
·       Begaimana usaha-usahamu yang meraihnya dengan cara halal!
Jawab:
&   Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama
&   Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua
&   Kebutuhan tersier adalah kebutuhan pelengkap
saya tidak juga ingin kebutuhan hidup saya selalu terpenuhi secara primer,sekunder, dan tersier. karena  jika kebutuhan hidup saya selalu terpenuhi secara primer, sekunder, dan tersier  akan ditakutkan saya itu sombong, lupa akan bertawakkal oleh Allah SWT dan akan lupa diri kepada Allah SWT.
Saya akan memelih hidup sederhana yang bisa membahagiakan keluarga saya sendiri dengan tidak selalu terpenuhi Allah SWT. Jika kebutuhan kita kurang berarti Allah SWT sedang menguji kesabaran kita dan keimanan kita.
Kegiatan siswa Hal.126
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu keburukan-keburukan dari pujian yang mengandung unsur dusta dan dengan maksud untuk mencari muka, baik yang memuji maupun bagi yang hasil karyanya dipuji!
Jawab:
Mendapatkan kerugian baik didunia maupun diakhirat karena orang yang suka memuji tetapi berdusta tidak sesuai dengan apa yang ada dihatinya itu akan berdosa karena berbohong kepada Allah SWT tidak suka dengan orang yang suka kedustaan.
Kegiatan siswa Hal.127
Coba kamu kemukakan contoh-contoh lain menghormati karya orang melalui tulisan?
Jawab:
Seorang siswa/siswi SMA  yang mendapat juara 1 dalam OSN, mendapat penghargaan dan diberi uang jaminan juaranya.

Kegiatan siswa Hal.129
Coba kamu kemukakan dengan teman-temanmu tentang manfaat-manfaat penerapan kebiasaan menghargai karya orang lain di:
·       Lingkungan keluarga
·       Lingkungan sekolah
·       Lingkungan masyarakat
Jawab:
Lingkungan keluarga
&   Kita dapat menghargai suatu pemberian ayah dan ibu
&   Adiknya memdapat peringkat tertinggi makanya kakaknya memberi hadia sebagai menghargai bahwa adiknya mendapat peringkat.
Lingkungan sekolah
&   Jika ada seseorang yang mambuat karya seni seperti melukis kita harus menghargainya bukan menghina lukisan itu.
&   Jika siswa tidak pernah melanggar aturan sekolah dan termasuk siswa/siswi teladan dan harus diberi penghargaan karena dapat mempertahankan dalam 1 semester tidak melanggar aturan sama sekali.
Lingkungan masyarakat
&   Jika  seseorang sudah berbaik untuk memperbaiki jembatan yang selalu di lewati orang-orang harus diharagai karena dapat membantu orang yang lewat disana dan patut mendapat penghargaan dari desa.
&    

Bab 10
Berperilaku tercela

Kegiatan siswa hal. 135
Coba diskusikan:
Apakah menurut ajaran Islam seorang ayah bisa mewariskan dosanya keada anak-anaknya? Atau seseorang melimpahkan dosanya kepada orang lain?

Kegatan siswa hal. 137
Coba lihat dan pelajari karakteristik orang-orang munafik didalam Al-Qur’an pada ayat-ayat berikut:
·       Q.S. Munafiqun, 63: 1
·       Q.S. Al- Baqarah, 2: 9
·       Q.S. An-Nisa, 4: 142-143
·       Q.S. At-Taubah, 9:  67




Kegiatan siswa hal. 138
Coba kamu dikusikan dengan teman-temanmu apakah kedua orang tua daat melakukan perbuatan dosa besar kepada anaknya? Kalau dapat, kemukakan contoh-contohnya!

Kegiatan siswa hal. 139
Coba kamu dikusikan dengan teman-temanmu akibat buruk dari zina, homoseks dan lesbian bagi keluarga pelakunya dan masyarakat.

Kegiatan siswa hal. 140
Coba diskusikan:
·       Akibat buruk dari zina bagi pelakunya, keluarganya dan masyarakatnya!
·       Akibat buruk dari homoseks!

Kegiatan siswa hal. 140
Coba kamu dikusikan dengan teman-temanmu tentang akibat buruk dari mengkonsumsi yang makanan dan minuman diharamkan tersebut bagi kesehatan fisik dan mental orang yang menghormatinya!

Kegiatan siswa hal. 142
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari mengkonsumsi khamar, bagi
Pelakunya, keluarga dan masyarakat. 

Kegiatan siswa hal. 143
Coba kamu diskusikan hikmah diharamkannya membunuh orang lain, bagi si pembunuh dan keluarganya, juga bagi yang dibunuh dan keluarganya!

Kegiatan siswa hal. 143
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari melakukan penganiayaan terhadap orang lain baik bagi si penganiaya dan keluarganya maupun bagi yang dianiaya dan keluarganya!

Kegiatan siswa hal. 144
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari pencurian baik bagi pelaku dan keluarganya, maupun bagi hartanya dicuri dan keluarganya!

Kegiatan siswa hal.145
Coba diskusikan akibat-akibat buruk dari perampokan, bagi pelakunya, orang yang dirampok dan masyarakat!

Kegiatan siswa hal. 146
Coba diskusikan dengan teman-temanmu tentang alasan-alasan rasionalnya bahwa salat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar!

Kegiatan siswa hal. 147
Coba diskusikan dengan teman-temanmu pengaruhnya bagi seseorang yang berperilaku baik, jika ia berteman dan bersahabat dengan orang yang gemar melakukan dosa besar, seperti pecandu narkotika dan semacamnya!  


Bab 11
Perawatan jenazah
Kegiatan siswa hal. 154
Allah SWT berfirman yang artinya, “dan berbekallah kalian (untuk hidup sesudah mati), karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” Coba jelaskan!
1) Pengertian takwa.
2) Sikap perilaku orang yang bertakwa.
3) Mengapa takwa bekal yang terbaik.

Kegiatan siswa hal. 164
Coba diskusikan!
Siswa diberi tugas untuk mempraktikkan perawatan jenazah, khususnya cara memandikan, mengkafani dan melayatkan (menggunakan boneka)  


Bab 12
Khotbah, tablig, dan dakwah

Kegiatan siswa hal. 171
Diskusikan hal berikut:
¬ Contoh dakwah dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemampuanmu!

Kegiatan siswa hal. 172
Coba kalian diskusikan, mana dari kedua pendapat tersebut yang paling kuat!

Kegiatan siswa hal. 174
v Cobakamu kemukakan “ dakwa bi al-hal”  yang dapat kamu lakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat!
v Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu tentang cara-cara menyampaikan dakwah kepada:
1) Orang-orang desa yang kemampuan berfikirnya masih lemah.
2) Kaum terpelajar yang kemampuan berfikirnya sidah tinggi.

Kegiatan siswa  hal. 175
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu tentang persamaan-persamaan antara khotbah jumat dan dakwah!
Kegiatan siswa hal.177
Latihan menyusun teks khotbah dan dakwah
*   Coba buatlah dan susunlah teks khotbah dan dakwah! Kamu dapat membuatnya secara individual maupun secara berkelompok, misalnya masing-masing kelompok 5 orang.
*   Kelompok siswa (masing-masing kelompok 5 orang) ditugaskan untuk menyusun teks khotbah jumat.
*   Kelompok siswi (masing-masing kelompok  5 orang) ditugaskan untuk menyusun teks dakwah.
*   Teks khotbah dan dakwah dari masing-masing kelompok, hendaknya diketik dengan rapi dan diserahkan kepada bapak/ibu guru agamauntuk diberi penilaian.
*   Jika memungkinkan waktunya cobalah praktikkan khotbah dan dakwah yang telah disusun di depan kelas.

Bab 13 
Perkembangan islam pada masa modern

Kegiatan siswa hal.183
Coba kamu diskusikan dengan teman-temanmu, mengapa bangsa barat menjajah dunia islam, sebutkan negara-negara islam yang dijajah oleh bangsa barat dan kemukakan pula akibat-akibat buruk dari penjajahan!


Kegiatan siswa hal. 184
Apakah usaha pembangunan yang dilakukan umat, islam diindonesia bersama-sama dengan pemerintah telah berhasil mewujudkan cita-cita yang luhur seperti tersebut? Coba diskusikan dengan teman-temanmu!

Kegiatan siswa hal. 184
Coba anda diskusikan:
·       Apakah sekarang ini masih ada orang-orang islam yang berperilaku syirik? Sebutkan contohnya!
·       Apakah sekarang ini masih ada orang –orang islam yang hanya mementingkan urusan akhirat dan meninggalkan dunia?

Kegiatan siswa hal.185
Coba cari dan pelajari apa yang disebut khurafat, takhayul dan bid’ah!

Kegiatan siswa hal. 190
Coba kamu kemukakan arsitektur-arsitektur di indonesia baik yang bersifat keagamaan (islam) maupun keduniaan yang dibangn pada masa pembaharuan!

Kegiatan siswa hal. 191
Caba kemukakan para sastrawan dan sastrawi indonesia yang karya-karyanya bernuansa islami!

Kegiatan siswa hal. 193
Kemukakan manfaat-manfaat kaligrafi baik bagi urusan agama mauun duniawi!

Kegiatan siswa hal. 193
Kemukakan secara berkelompok tentang hikmah mempelajari sejarah perkembangan islam pada abad modern!


1 komentar:

  1. Lucky Club casino site review & bonuses - Lucky Club Casino
    Lucky Club Casino, which is licensed by the Malta Gaming Authority, has been operating since 2016 with no Lucky Club Casino is one of several luckyclub.live casino sites in Malta

    BalasHapus